HMP LFG : Alat Uji CBR

Semua dari kita tentunya sudah mengetahui apa itu jalan raya. Ya jalan yang dilewati oleh berbagai jenis kendaraan. Umumnya pembangunan jalan raya memakai bahan dasar cor beton atau aspal yang memiliki tingkat kekerasan untuk mampu menahan beban dari kendaraan yang melintas. Selain itu dibutuhkan uji tanah jalan raya untuk mengetahui daya dukung tanah salah satunya dengan alat uji CBR HMP LFG.

Untuk menghasilkan pembangunan jalan raya yang baik maka harus memperhatikan sejumlah hal. Contohnya lapisan tanah yang akan dijadikan sebagai lapisan dasar untuk ditimpah cor beton atau aspal.

Mengapa masih ada jalan yang mudah hancur, retak dan berlubang? Hal ini disebabkan oleh kurangnya penyelidikan tanah sebelum dilakukan pembangunan konstruksi jalan raya.

Apa tujuan dari pengujian/penyelidikan tanah? Pengujian tanah bertujuan untuk menganalisis karakteristik, kepadatan tanah serta daya dukung tanah. Saat kita menemui jalan raya yang rusak mungkin saja hal tersebut diakibatkan oleh kepadatan tanah dan daya dukung tanah yang kurang bagus.

Apabila dibiarkan secara teus menerus maka hal ini bisa membahayakan para pengguna jalan. Bisa disimpulkan bahwa masalah yang terjadi pada jalan raya bisa diselesaikan dengan melakukan pengujian tanah di awal pembangunan jalan raya.

Untuk mengetahui kepadatan tanah dengan mudah maka dibutuhkan alat bantu pengujian tanah yang efisien. Salah satu pengujian tanah yang bisa dilakukan untuk pembangunan jalan raya adalah uji CBR dengan menggunakan alat uji CBR HMP LFG (Light Weight Deflectometer).

alat uji CBR HMP LFG

A. Cara Pemasangan Alat Uji CBR

Caranya cukup sederhana, pertama tentukan titik tanah uji lalu letakkan alat tes CBR. Kemudian, siapkan alat berat (excavator, truck dll) untuk dijadikan sebagai beban.

Posisikan alat berat tersebut di atas alat tes CBR. Umumnya pengujian ini dilalukan setiap 30 detik hingga 10 menit. Lalu, putar handle sesuai waktu yang diinginkan, jarum selanjutnya menunjukkan penurunan tanah.

Sebenarnya, sekarang ini sudah tersedia alat uji digital untuk tes CBR daya dukung tanah dan kepadatan tanah yakni alat uji CBR HMP LFG.

B. Alat Uji CBR HMP LFG, Pengukur Daya Dukung Tanah

Alat uji CBR HMP LFG (Light Weight Deflectometer) adalah salah satu alat yang bisa kita gunakan untuk mengukur daya dukung tanah secara efisien. Cara kerja alat ini cukup sederhana, yakni beban (plat besi) ditempatkan di area uji yang diinginkan serta mekasinisme pembebenan diletakkan pada pelat beban.

Alat uji CBR HMP LFG bisa mencetak secara langsung hasil pengukuran dalam bentuk gelombang getaran atau angka. Disamping itu, hasil pengujian tersebut bisa disimpan atau ditransfer dengan menu USB ke dalam PC atau laptop. Dengan memanfaatkan alat ini maka penyelidikan daya dukung dan kepadatan tanah bisa menjadi lebih mudah dan cepat.

Pada alat uji ini juga terdapat Drop Weight yang berguna untuk memberikan penetrasi tanah agar tidak memerlukan alat berat lagi.

C. Keunggulan Alat Uji CBR HMP LFG

1. Cepat dan hemat
  • Pemeriksaan daya dukung tanah hanya memerlukan waktu sekitar 2 menit per-titik
  • Hasil pengukuran bisa keluar dalam waktu singkat
  • Tidak membutuhkan kendaraan untuk penyeimbang
2. Mudah dipakai
  • Ringan dioperasikan dengan desain menarik
  • Dapat dioperasikan oleh satu pengguna/orang
  • Bisa melakukan pengujian bahkan pada tempat yang cukup sulit dijangkau
  • Melakukan penyimpanan otomatis
3. Bisa diandalkan
  • Diproduksi sesuai standar
  • Kuat serta tahan lama
  • Telah dipakai di seluruh dunia dalam waktu lebih dari 30 tahun

Blog Post