Tips Memilih Jasa Sondir Tanah Terbaik

Jasa sondir tanah merupakan sebuah layanan yang bertugas untuk menguji tanah di lokasi pembangunan gedung. Pengujian ini memang harus dilakukan untuk memperoleh data jenis kontur tanah dan kedalaman lapisan tanah keras bagian bawah. Data tersebut selanjutnya dipakai sebagai acuan untuk menentukan komposisi pondasi bangunan. Lantas, apa saja tips memilih jasa sondir tanah terbaik?

Kuat dan tidaknya bangunan memang diawali dari pembuatan pondasi yang kuat. Pekerjaan tersebut bisa ditangani oleh penyedia jasa sondir tanah yang sekarang ini sudah banyak tersebar di tanah air.

Sondirbor.com Jasa Sondir Tanah Terbaik

Tips Memilih Jasa Sondir Tanah Terbaik

Apabila sebuah bangunan dibuat tanpa melalui tes sondir tanah, maka bisa dipastikan bangunan tersebut tidak tahan lama. Tentunya hal ini akan sangat merugikan bagi pemilik serta jasa kontraktor. Adapun beberapa tips memilih jasa sondir tanah terbaik yang bisa Anda lakukan antara lain:

1. Mempertimbangkan penawaran harga uji sondir tanah

Tips memilih jasa sondir tanah terbaik yang pertama adalah mempertimbangkan masalah penawaran harga. Ada baiknya untuk mengetahui kisaran harga pada setiap kali uji sondir. Umumnya pengujian sondir tanah minimal sebesar tiga jutaan.

Adapun untuk harga diatas minimal titik yang nantinya akan diuji yaitu 2 titik lokasi. Oleh sebab itu, akan lebih baik jika Anda bernegosiasi untuk mendapatkan harga terbaik dari penyedia jasa sondir tanah professional.

2. Cek bukti pekerjaan/testimoni

Tips memilih jasa sondir tanah terbaik berikutnya adalah mengamati bukti pekerjaan yang sudah dikerjakan sebelumnya. Jasa professional pastinya akan mendokumentasikan pekerjaan mereka.

Usahakan untuk memilih jasa sondir yang memberikan hasil pekerjaan bagus dan proses pengerjaan yang tanpa kendala. Dengan demikian, pekerjaan bisa aman terkendali dan pembuatan pondasi pun akan sempurna.

3. Mempertimbangkan garansi

Dalam memilih jasa sondir, penting kiranya untuk mempertimbangkan layanan after sale atau garansi yang menjanjikan. Sebaiknya Anda memilih jasa sondir yang bersedia memberikan garansi data hasil uji sondir yang sudah dilakukan.

Hal ini merupakan wujud antisipasi jika data tersebut memang tidak tepat, maka pihak penyedia jasa sondir tersebut siap bertanggung jawab.

Bila memang perlu mengambil ulang data untuk uji sondir tanah, pihak klien tidak perlu membayar kembali kepada penyedia layanan tersebut. Dengan demikian, sebagai konsumen Anda tidak harus dirugikan karena tidak harus membayar pengujian tanah yang kedua. Pemberian garansi ini menjadi salah satu bukti bahwa jasa sondir yang Anda pilih benar-benar professional karena berani dalam segala tindakan yang dilakukan.

4. Cek alam dan kelegalan jasa sondir tanah

Pekerjaan yang dilakukan oleh penyedia jasa sondir tanah bukanlah pekerjaan yang sembarangan. Hal ini karena data yang dihasilkan dari pengujian sondir nantinya akan dipakai sebagai acuan pembuatan pondasi bangunan. Apabila Anda salah dalam memilih layanan jasa uji sondir yang tidak professional yang sudah jelas alamatnya, maka Anda sudah mengetahui tujuan alamat yang harus Anda cari nantinya.

Sama halnya dengan izin legalitas layanan jasa sondir tanah. Jika kenyataannya data yang diberikan pihak jasa tersebut tidak tepat bahkan berakibat fatal pada pondasi bangunan Anda, maka Anda bisa menuntutnya. Namun hal ini tentunya memiliki kemungkinan yang kecil sebab jasa sondir yang sudah memiliki legalitas izin usaha pasti memberikan hasil pengerjaan sesuai standar operasional prosedur.


Demikian beberapa tips memilih jasa sondir tanah terbaik yang sebaiknya Anda perhatikan ketika ingin menggunakan layanan mereka. Dengan demikian, Anda akan mendapatkan fasilitas layanan yang sesuai dengan harga yang harus Anda bayarkan.