Jasa Sondir Soil Test / CPT - Uji Tanah Keras Pondasi Harga Murah

sondir soil test

Dalam proses IMB (Izin Mendirikan Bangunan) tinggi atau 2 lantai ke atas, perlu adanya uji sondir sebagai salah satu syarat teknis pendirian bangunan. Banyak terjadi bangunan tinggi yang tiba-tiba roboh akibat tidak memperhatikan pentingnya uji sondir ini. Pengujian sondir dilakukan guna untuk mengetahui daya dukung tanah pada setiap lapisan, serta mengetahui kedalaman lapisan pendukung, yaitu lapisan tanah keras. Agar dalam membuat/mendesain pondasi bangunan mempunyai faktor keamanan yang tinggi dan efektif sesuai dengan karakteristik tanah dari bangunan yang akan dibangun, sehingga bangunan di atas tanah tetap kuat berdiri dan tidak mengalami penurunan tanah yang dapat membahayakan keselamatan penghuni serta mengurangi risiko kerusakan tinggi pada bangunan.

Hasil data pengujian sondir bisa digunakan untuk mengurus IMB (Izin Mendirikan Bangunan) rumah, perumahan, sekolah, kampus, hotel, ruko, rumah sakit, dan lainnya. Data sondir juga bisa digunakan untuk keperluan pondasi konstruksi rel kereta api, jembatan, jalan raya/tol, landasan pacu pesawat (bandara), dan lainnya, selama beban yang ditompang konstruksi cukup berat, untuk menghindari amblesnya tanah dan mementingkan keselamatan manusia (user).
Konsultasi & informasi biaya/harga jasa sondir: Hubungi kami.
Uji sondir adalah cara untuk menganalisa daya dukung tanah dan mengukur kedalaman lapisan tanah keras atau pendukung dengan melakukan penekanan dengan bor konus khusus pada alat sondir.

Manfaat uji sondir:
  1. Syarat IMB (Izin Mendirikan Bangunan)
  2. Mengetahui kedalaman tanah keras. Tanah keras di sini adalah tanah asli in situ yang keras dan cocok digunakan untuk pondasi bangunan yang akan menopang beban berat.
  3. Mengurangi risiko kerusakan bangunan setelah dibangun, yang dikarenakan amblasnya tanah bangunan.
  4. Menghindari korban jiwa akibat rubuhnya bangunan, karena tidak memiliki pondasi yang kuat.
  5. Menghindari kerugian keuangan setelah membangun bangunan yang tidak memiliki pondasi yang kokoh. Bangunan yang tidak memiliki pondasi kuat mudah rubuh, sehingga membuat pemilik bangunan harus membangun kembali. Jika terjadi korban jiwa, pemilik bangunan harus bertanggung jawab atas kelalaiannya akibat tidak mau melakukan uji sondir.

Jasa-jasa lainnya yang dapat kami lakukan: