Tes Bor Tangan Tanah (Hand Bor Test)

Hand Boring adalah kegiatan pengeboran secara manual menggunakan tangan dalam pengambilan sample tanah. Hand bor test bertujuan untuk memperoleh keterangan tentang struktur tanah secara visual dari lapisan bawah tanah yang nantinya dijadikan sebagai pondasi suatu bangunan.

Hand bor test atau tes bor tangan dilakukan untuk memperoleh keterangan tentang tanah, baik jenisnya, sifat maupun keadaan tanah tersebut. Tes bor tangan dilakukan menggunakan berbagai jenis bor pada ujung bawah serangkaian stang bor. Pada bagian atasnya berupa stang dengan bentuk T yang berguna untuk memutar stang bor.

jasa hand boring jogja & jawa tengah

Peralatan yang digunakan dalam tes Hand Bor:
  • Bor jarret berdiameter 10 cm, mata bor berbentuk spira
  • Kepala pengambil sample dengan kuncinya
  • Satu set stang bor
  • Pemutar stang bor
  • Tabung sample berdiameter 6,8 cm, panjang 40 cm
  • Kantong plastik
  • Satu sel pipa casing (pelindung) dengan dongkrak pencabut pipa
  • Pisau pemotong sample, obeng, kunci pipa, pensil, pita ukur serta alas terpal sebagai tempat sample
Tahapan Hand Bor Test:
  1. Jika lubang untuk pemeriksaan selesai dibuat dan bersih, masukkan bor dalam tanah dengan memutar stang bor sampai bor penuh dengan tanah lalu tarik stang ke atas.
  2. Tanah pada mata bor selanjutnya dibersihkan lalu dimasukkan pada kantong plastik.
  3. Pengambilan sample tanah yang tidak asli
  4. Untuk sample ini bisa diambil dari sample tanah menggunakan bor tangan. Yang diambil yaitu sample pada setiap lapisan yang ditentukan menggunakan pemeriksaan visual. Lalu dimasukkan dalam kantong plastik serta diberi label.
  5. Pengambilan sample tanah yang asli
  6. Dalam tahapan ini dipakai tabung sample berukuran 6,8 cm serta panjang 40 cm.
  7. Tabung sample selanjutnya dimasukkan lubang bor lalu ditekan secara perlahan hingga mencapai kedalaman 40 cm.
  8. Minimal 50% dari volume tabung wajib terisi tanah untuk memudahkan saat pemeriksaan dilaboratorium.
  9. Lalu putar stang bor dengan arah berlawanan hingga sample tanah bisa terlepas dari kelilingnya serta bisa diangkat ke atas.
  10. Jika tabung sample sudah bisa diangkat keluar, selanjutnya lepaskan dari kepala tabung lalu ratakan dan bersihkan ujung tanah.
  11. Selanjutnya berikan parafin atau lilin pada ujung-ujungnya sebagai isolator.
  12. Jika parafin/lilin sudah mengering, selanjutnya berikan label pada sample dan tempatkan di lokasi yang aman.

Kelebihan Hand Bor Test atau Auger Boring

Tujuan utama dalam melakukan hand bor test adalah untuk memperoleh data tanah. Baik itu jenisnya, sifatnya, hingga keadaan dari tanah tersebut. Umumnya, pemboran manual ini dilakukan untuk mengambil sampel tanah pada lapisan dangkal yaitu kurang dari 10 m.

Pemboran manual dengan tangan bisa dibilang menjadi metode pemboran paling sederhana serta ekonomis. Pengeboran ini dilakukan dengan tahapan menekan serta memutar auger agar masuk ke dalam tanah. Namun kemampuan hand bor tes ini hanya terbatas. Di samping itu, hanya cocok dilakukan untuk kedalaman tanah dangkal saja.

Bisa diartikan bahwa hand boring ini tidak cocok digunakan untuk pengeboran di bawah muka air tanah. Namun demikian, terdapat cukup banyak kelebihan dari metode hand boring. Misalnya adalah lebih sederhana, ekonomis, lebih mudah dioperasikan serta gangguan pada tanah sangat minimal.

Namun bagi Anda yang ingin melakukan pengujian tanah secara menyeluruh, metode hand boring ini memang kurang efektif. Hal ini karena pengeboran tanah yang dilakukan untuk pengujian menyeluruh harus lebih dari kedalaman 10 m. Oleh sebab itu, Anda membutuhkan konsultan jasa hand bor tes untuk mendapatkan solusi terbaik dalam pengujian tanah yang akurat.

Blog Post