Jasa Uji SPT (Standard Penetration Test) Harga Murah

jasa SPT Standard Penetration Test penyelidikan tanah jogja

Standard Penetration Test (SPT) adalah prosedur pengujian sederhana dan murah yang banyak digunakan dalam penyelidikan geoteknik untuk menentukan kerapatan relatif dan sudut ketahanan geser tanah tanpa kohesi dan juga kekuatan tanah kohesif kaku.

Untuk pengujian SPT ini, lubang bor harus dibor hingga kedalaman pengambilan sampel yang diinginkan. Sampler split-spoon yang terpasang pada batang bor ditempatkan di titik pengujian.

Prosedur ini diulang dua kali lagi sampai total penetrasi 45cm (18inci) tercapai. Jumlah pukulan yang dibutuhkan untuk menembus 15cm pertama disebut "seating drive” dan jumlah total pukulan yang diperlukan untuk menembus sisa kedalaman 30cm dikenal sebagai "standard penetration resistance", atau sebaliknya, "N-value". Jika nilai N melebihi 50 maka pengujian dihentikan dan disebut "refusal (penolakan)".
Konsultasi & informasi biaya/harga jasa Standard Penetration Test: Hubungi kami. Siap melayani uji SPT area provinsi Yogyakarta (Kota Jogja, Sleman, Bantul, KulonProgo, GunungKidul) dan Jawa Tengah.

Manfaat uji SPT (Standard Penetration Test):
  • Tes dapat dilakukan dengan cepat
  • Prosedur pengujian relatif sederhana untuk dilakukan
  • Sampel tanah yang dikumpulkan dapat digunakan untuk identifikasi jenis tanah
  • Kompresibilitas dan indeks kekuatan relatif tanah dapat ditentukan dari data SPT
  • Mampu menembus lapisan padat, kerikil, dan miring
  • Dengan nilai SPT-N, metode berdasarkan riwayat ini dapat mencerminkan perilaku tanah yang sebenarnya selama gempa bumi, yang tidak dapat disimulasikan di laboratorium

Uji Penetrasi Standar, juga dikenal sebagai SPT, adalah uji in-situ tanah untuk mengevaluasi sifat-sifat tanah. Di seluruh dunia, ini adalah tes tanah yang paling populer untuk eksplorasi bawah permukaan. Ukuran ketahanan penetrasi tanah dan sampel tanah yang dikumpulkan digunakan untuk desain pondasi.

Jasa mekanika tanah lainnya yang dapat kami lakukan: